10 Faktor penyebab Allah mencintai seorang manusia bersama Ustadz Abi Makki

Siang ini sengaja kita niatin untuk datang ke kajian Ustadz Abi Makki kebetulan istriku suka dan cocok dengan cara penjelasan dan materi yang disampaikannya. Jauh hari sebelumnya dia cari tau informasi jadwal kajian Abi Makki dan kebetulan seminggu sebelumnya ketemu infonya di Instagram “Rumah Al Hilya” account instagram.com/rumil_alhilya kajian ini akan diadakan di daerah Cinere. Alhamdulillah dikasih kesempatan dan waktu luang sama Allah jadi bisa hadir kesini.

Untuk yang pingin tau gimana sih cara bikin Allah cinta sama kita, selama pengajian saya catat dan rangkum ya silakan dibaca. Kalau ada salah / keliru mohon diinfokan kesaya. Berikut 10 Faktor penyebab Allah mencintai seorang manusia;

  1. Syarat Allah jatuh cinta kepada hambanya adalah dengan cara mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW. Ini adalah syarat pertama kalau kita ingin dicintai Allah. Buka surat al imron ayat 21: barangsiapa yang mengikuti Aku, maka Allah akan mencintainya. Apa yang harus diikuti? Seluruh rutinitas, kegiatan dan ibadahnya. Gayanya, hidupnya dan adab adabnya adalah contoh terbaik bagi manusia. Kenapa harus mengikuti Nabi? Karena rasulullah adalah manusia yang diciptakan secara sempurna oleh Allah SWT. Sehingga seluruh aspek hidup manusia yang mengikutinya akan mendapatkan ridho dari Allah SWT.
  2. Lalu, yang kedua Allah menyukai orang yang bertakwa (innallaha yuhibbul muttaqin). Allah sangat mencintai orang orang yang memiliki benteng terhadap hawa nafsunya, contoh: ketika nikmat ibadah lalu setan membisikkan “ah kemarin sudah nanti aja lagi”. Ketika kita ditimpa kesuksesan keberhasilan setan akan membisikan kesombongan. Maka orang bertakwa adalah orang yang memiliki 4 benteng ini: bersyukur, bersabar dan istiqomah dan bertaubat. Orang bertakwa selalu menjaga apa yang dilarang Allah dan menjauhi semua larangannya. Inilah yang akan menjadikan Allah jatuh cinta kepada kita.
  3. Ketiga, Allah jatuh cinta kepada orang orang yang bersabar. Firmannya dalam Al Quran surat Al Imron ayat 46, “Wallahu Yuhibbus Soobirin…”. Allah sendiri yang mengatakannya. Maka jadilah orang yang bersabar menghadapi apapun. Manusia bisa dinilai level iman ada dimana? Seberapa besar sabarnya maka sebesar itulah level imannya. Enginenya sabar itu adalah iman kepada Allah. Jika Imannya baik maka kesabarannya pun akan sangat kuat sekali. Rasulullah SAW adalah manusia yang memiliki iman paling kuat maka kesabarannya adalah yang paling sempurna. Bahkan sabar ini disebutkan sebagai “ruh” untuk kehidupan, sabar berproses sabar konsisten.
  4. Keempat, Allah akan mencintai manusia yang memiliki sifat mencintai orang yang berbuat baik (wallahu yuhibbul muhsinin). Maksudnya sifat berbuat baik, ikhlas, tanpa pamrih dan riya’ melakukan kebaikan. Ihsan adalah melakukan suatu kebaikan seakan akan dilihat oleh Allah SWT. Tidak peduli dengan orang lain. “Laa takhof wa laa tahzan innallaha ma’ana”. Sesungguhnya jangan takut dan jangan sedih Allah bersama kita. Yakinlah seluruh kebaikan kita akan dilihat oleh Allah SWT tidak peduli orang lain melihatnya. Ini adalah level tertinggi suatu kebaikan, ketika kita selalu merasa diperhatikan dan diawasi oleh Allah SWT dan tetap melakukan kebaikan dengan sebaik baiknya karena mengharapkan ridho dan cinta Allah SWT. Dan sungguh Allah maha tau apa isi hati setiap manusia dan sekecil kecilnya niat. Dan ini adalah adab tertinggi yang harus dimiliki oleh orang Islam.
  5. Kelima, Allah mencitai orang yang bertaubat. Surat Al Baqarah ayat 222 “Innallaha Yuhibbu Tawwabiin”. Orang yang selalu kembali kepada Allah SWT. Betobatlah dari segala kekeliruan bertobatlah dari segala dosa kecil dan besar. Mulailah belajar Islam dan kembali kejalan Allah SWT. Setiap hari ada cara untuk membahagiakan Allah dengan cara bertaubat ini melalui “istigfar” karena ini Allah akan senang sekali dengan kita. Hadist shahih menceritakan tentang manusia yang bertobat dan beristigfar itu membuat Allah sangat senang sekali melebihi rasa senangnya orang yang diujung maut lalu terselamatkan. Subhanallah… Allahu Akbar !!!
  6. Allah menyukai orang yang bersih dan mensucikan diri dan hatinya dari perasaan rasa hasad, iri dan degki. Surat Al Baqarah ayat 222 “inallaha yuhibbul mutatohirin…”. Orang yang memiliki sifat memaafkan, husnudzon, tidak iri dengki adalah orang yang akan dicintai Allah SWT. Manajemen hati agar selalu tetap konsisten diisi dengan positive thingking, optimist dan selalu punya penilaian baik kepada setiap orang bagaimanapun rupa dan bentuknya dan apapun kondisinya.
  7. Allah mencintai orang yang bertawakal orang yang menyandarkan dan berserah diri kepada Allah. Surat Al Imran 1 “Innallahu yuhibbul mutawakkilin…”. Contohnya, ketika ditimpa musibah dan masalah lalu serahkan dan limpahkan segala urusan kepada NYA. Ternyata… Allah suka dan senang sekali. Hal ini kebalikan dengan struktur organisasi perusahaan dimana bawahan tidak akan mungkin menyuruh atasan untuk mengatasi masalah.
  8. Allah mencintai orang yang adil. Surat Al Hujarat ayat “Inallaha yuhibbul muqsitin” Adil dalam perbuatan dan nantinya akan dilindungi dipadang mahsyar nanti.
  9. Allah mencintai orang yang mendisiplikan dirinya kokohkan niat untuk melawan hawa nafsu, diri sendiri, media..dll. kokohkan niat untuk selalu disiplin kembali kepada Allah SWT. Surat asob ayat 4 “kaannahum bunyanu marsus” ibaratnya benteng yang kokoh.
  10. Allah mencintai orang yang menyukai sifat sifat Allah (asmaul husna). Dalilnya? Sahabat dulu kala pernah ditemukan ada yang setiap mimpin Shalatnya selalu membaca Al Ikhlas, ketika ditanya? Dia menjawab: Aku sangat senang sekali dengam surat itu. Karena aku suka sifat sifat Allah SWT yang terkandung didalamnya. Maka Nabi menjawab: Allah mencintai orang yang menyukai asmaul husna dan Allah akan memasukanmu kedalam surga.
Kajian: 10 Faktor penyebab Allah mencintai seorang manusia
Ustadz: Abi Makki
Lokasi: Cinere
Tanggal: 26 Januari 2019 (pukul 1 PM – 2.30 PM)

Author: Rafian Noor

Digitalpreneur | Digital Nomad | Digital enthusiasticDescription: - Ingin Mahir Internet Marketing? - Ingin dapat income dari Internet Marketing? - Ingin dapat Ilmu GRATIS Internet Marketing selama 3 tahun nonstop GRATIS?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *