Manasik umroh, sebaiknya perlu ikut

Manasik umroh perlu atau enggak? Menurut saya perlu banget dengerin jangan dilewatin.

Kebetulan hari ini jadwal undangan dari biro travel  untuk jamaah yang akan umroh di akhir bulan Desember 2018. Acaranya di hari Sabtu jam 9 AM di hotel Premier Cawang.

Untuk jadwal keberangkatan nanti tanggal 25 Desember – 2 Januari 2019, jadi rutenya adalah JKT-Jedah-Madinah-Mekah-Oman-JKT. Sebagai start awal akan bermula dari miqot “Bir Ali”.

Miqot ini biasanya terkenal dengan sebutan “Dzulhulaifah” yang lokasinya berada di utara kota Mekah dan ini adalah miqat yang paling jauh jaraknya karena berada di kota Madinah, kurang lebih jarak antara Mekah dan Madinah/ Bir Ali adalah 450 Km.

Bir Ali disebut juga sebagai miqotnya penduduk Madinah.

https://media.ihram.asia/2017/11/27/tempat-miqot-jamaah-asal-indonesia/

Lanjut lagi kegiatan manasik umorohnya, kami dipersiapkan perbekalan seperti apa sih umroh yang benar sesuai syariat dan ketentuan yang sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Jadi umroh itu ada 4 rukun:

  • Berihram (niat)
  • Thowaf
  • Sa’i
  • Tahalul

Walaupun sebelumnya saya pernah umroh tetapi waktu itu sudah cukup lama banget, jaman kuliah..hehehe. Jadi manasik umroh ini harus ikut. Supaya kembali refresh dan melakukan aktivitas umroh dengan benar sesuai yang diajarkan.

Nah, manasik hari ini dijelaskan apa yang harus dilakukan di setiap rukunnya, jadi kita paham dan gak bingung pas disana, do and don’ts nya di perhatikan. Trus, tadi dipraktekin juga cara menggunakan kain ihram.

 

Sebelum berangkat umroh 2 minggu sebelumnya jamaah disarankan untuk membersihkan badan dari segalan jenis noda/ dosa. Jadi ada adab yang sebaiknya dilakukan, spt: memotong kuku, mencukur rambut (ketiak/ kemaluan) dan mandi besar (maksudnya bersih tidak mandi asal asalan, karena kalau pake shower kan bagian detail sela tubuh ada yang tidak kena air kemungkinan untuk tertinggalnya najis masih ada). Dan disarankan menggunakan parfume untuk menghormati jamaah yang lain jika ada bau yang tidak sedap keluar dari tubuh kita (gokil yaa… diperhatikan banget detailnya didalam Islam) karena ini umroh jadi parfume yang dipake sebaiknya jangan mengandung alkohol.

Bagi umat muslim perjalanan umroh ini salah satu perjalanan yang diwajibkan dan special ya sebelum travelling kenegara lainnya. Perjalanan umroh ini adalah mengunjungi tanah suci. Setiap orang harus sadar bahwasanya akan berkunjung dan menjadi tamu. Maka jadilah tamu yang baik dan beradab.

Jadi menurut saya setiap apa yang diperintahkan Allah dan Rosulnya didalam agama Islam ini sungguh tertib, rapih dan tersistematis. Andaikan saja orang orang mengikutinya sepenuh hati dan sungguh-sungguh pasti bakalan bagus hasilnya.

Oh ya, Quisha dan Qavi sengaja diajak untuk dengerin penjelasan manasik umroh ini, walaupun sempat bosen tapi mereka asyik aja dimejanya karena bawa mainan hehe…

Biar gak lupa tata cara umroh yang bener gimana habis ini post artikel itu kali ya…

Stay tune…

Author: Rafian Noor

Digitalpreneur | Digital Nomad | Digital enthusiasticDescription: - Ingin Mahir Internet Marketing? - Ingin dapat income dari Internet Marketing? - Ingin dapat Ilmu GRATIS Internet Marketing selama 3 tahun nonstop GRATIS?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *